DEFINISI MULTIMEDIA
MULTI [latin nouns] : banyak; bermacam-macam
MEDIUM [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau
membawa sesuatu
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
MULTI [latin nouns] : banyak; bermacam-macam
MEDIUM [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau
membawa sesuatu
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dalam bentuk
text, audio, grafik, animasi, dan
video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1.
Kombinasi dari komputer dan video ( Rosch, 1996 )
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan
teks ( McComick, 1996 )
3.
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar ( Turban dan kawan-kawan, 2002 )
4. Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi,
audio dan video ( Robin
dan Linda, 2001 )
5.
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan
tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org :
Multimedia is the use of several different
media to convey information (text,
audio, graphics, animation, video, and
interactivity). Multimedia also refers to
computer data storage devices, especially
those used to store
multimediantent.
DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org :
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer
yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah
CD-ROM. Standarisasi komputer
mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia
PC Marketing Council", sebuah
kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang
dahulu bernama Software
Publishers Association (sekarang bernama
Software and Information Industry
Association). Perusahaan ini merupakan
gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya
kemampuan komputer untuk
menampilkan video melalui sebuah CD-ROM
saja.
Standar Komputer Multimedia menurut Software
and Information Industry
Association:
Pada
tahun 1990:
16
MHz 386SX CPU •
2MB
RAM •
30MB
hard disk •
256-color, 640 x 480 VGA video card •
1x
CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek
time
Sound
card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8- bit sound
Windows 3.0 with Multimedia Extensions. •
Pada
tahun 1993:
25
MHz 486SX CPU •
4 MB
RAM •
160
MB hard disk •
16-bit color, 640×480 VGA video card •
2X
CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek
time
Sound
card outputting 44 kHz, 16-bit sound •
Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or
Windows 3.1 •
Pada
tahun 1996:
75
MHz Pentium CPU •
8 MB
RAM •
540
MB hard disk •
Video
system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15- bit color
MPEG-1 hardware or software video
playback •
4x
CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 250ms seek
time
Sound
card outputting 44 kHz, 16-bit sound •
Windows 3.11
•
MENGAPA MULTIMEDIA?
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang periklanan yang efektif dan
interaktif
2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan
pengajaran secara
interaktif
dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung
oleh
berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang jaringan dan internet yang
membantu dalam pembuatan
website
yang menarik, informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology Research
(CTR):
1.
Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2.
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3.
Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang
mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan
dilakukan.
Multimedia mampu:
1. Mengubah mengubah tempat kerja . Dengan adanya teleworking,
para pekerja dapat melakukan pekerjaanya
tidak harus dari kantor.
Contoh software yang mendukung
teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja . Homeshopping/teleshopping dapat
dilakukan dengan menggunakan internet,
kemudian barang datang
dengan sendirinya.
3. Mengubah
cara bisnis . Nokia membuat bisnis
telepon seluler,
banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi . Orang-orang mulai
menggunakan internet dan berbagai software
untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software
kesehatan, belajar gitar dari software dan
masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar . Sekolah mulai
menggunakan komputer
multimedia, belajar online, menggunakan
e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan
televisi dan radio .
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan
menjadi beberapa kriteria :
1.
Perception Medium
•
Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
•
“Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan
komputer?”
Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran
•
Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
•
Aspek pada perception medium :
i. Aspek
Representative Space: sesuatu yang terkandung
dalam presentasi secara nyata
-
Kertas, layar
-
Slide show, power point
ii.
Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung
dalam presentasi
-
Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu,
rasa, bau
- Predefined symbol set (sudah disepakati
sebelumnya),
misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii.
Aspek Representation Dimension
-
Ruang (space)
- Waktu (time) :
time
independent , discreet (text, grafis)
time
dependent ,
continuous media (video,
audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
•
Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh
komputer
•
“Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?”
Menggunakan berbagai format untuk
merepresentasikan
informasi. Contoh :
-
Text : ASCII dan EBCDIC
-
Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
-
Audio stream : PCM
(Pulse Coding Method) dengan
kuantisasi linier 16 bit
-
Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
-
Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC),
computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
•
Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
•
“Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke
komputer?”
Output : kertas, layar, speaker
Input
: keyboard, mouse, kamera,
microphone
4. Storage Medium
•
Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan
informasi (tidak terbatas pada komponen
komputer)
•
“Dimanakah informasi akan disimpan?”
microfilm, floppy disk,
hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
•
Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi
data secara kontinyu (tidak termasuk media
penyimpanan)
•
“Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan,
menggunakan kabel (coaxial, fiber optics),
melalui udara terbuka
(wireless)
6.
Information Exchange Medium
•
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan
dan media transmisi
•
“Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling
dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan
komputer,
combined (storage dan transmission media),
web yang berisi
informasi, e-book, forum
SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any system which
supports more than a single kind of
media [AHD 1991].
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem
multimedia?
1.
Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua
jenis media (continuous/
discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan
media
kontinu adalah audio dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda
adalah keterkaitan antar media
tersebut. Sistem disebut sistem multimedia
jika tingkat ketergantungan/
keterkaitan antar media tersebut rendah.
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang
dikontrol oleh komputer.
Sistem dapat diprogram oleh system
programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1.
Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer
multimedia yang memiliki
minimal storage (harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat
input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan
output (speaker, monitor,
LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2.
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan
yang mempunyai
bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem
dan pengaksesan terhadap sumber daya yang
sama. Contoh: video
converence dan video broadcast
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka
akan terjadi kemacetan
jaringan, delay dan masalah infrastruktur
yang belum siap.
DATA STREAM
Dalam sistem multimedia terdistribusi, data
ditransmisikan (time dependent)
dan terjadi pertukaran informasi
Transmisi informasi dapat dikategorikan :
1.
Berdasar mode transmisi
a. Aynschronous Trasmission Mode
•
Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin
•
Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu adanya sinkronisasi
•
Informasi untuk discrete media dapat ditransmisikan sebagai aynchronous
data stream
•
Contoh : transmisi e-mail
b.
Synchronous Transmission Mode
•
Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk setiap packet dari suatu data
stream
• Butuh sinkronisasi
•
Penerima butuh buffer untuk menyimpan data sementara sambil menunggu
paket lengkap
c.
Isochronous Transmission Mode
•
Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal
•
Melakukan garansi paket diterima dengan baik
• Client
memberikan informasi kepada
server tentang statusnya
•
Membutuhkan buffer yang sangat besar
2.
Berdasar periode streaming
a. Strongly Periodic Stream
•
Interval waktu antara dua packet yang berurutan tetap
•
Contoh : PCM coded
b.
Weakly Periodic Stream
•
Interval waktu antara dua packet yang berurutan dapat
dideskripsikan
dengan fungsi periodik
c.
Aperiodic Stream
•
Interval waktu tidak beraturan
3. Berdasar ukuran packet
a.
Strongly Regular Stream
•
Ukuran packet konstan
•
Contoh : uncompressed audio/video stream
b.
Weakly Regular Stream
•
Ukuran packet data berubah secara periodik
•
Contoh : MPEG
c.
Irregular Data Stream
•
Ukuran packet data tidak tentu
KARIER MULTIMEDIA
Pemasaran, animasi, desain grafis,
electronic publishing, editor, desain
game, public relations, spesial efek,
produksi video, dan web master.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar